RSS

KULINER di GARUT

22 Apr

Sumber : Milis Jalansutra

SOTO AHRI
Jl. Mandalagiri (pusat) dan Jl. Cimanuk (Cabang), Buka: Pagi-Siang

Soto Ahri adalah salah satu kebanggan kuliner Kota Garut, baik di lokasi pusat di Jalan Mandalagiri maupun cabangnya di Jalan Cimanuk, selalu diserbu pelanggan baik untuk sarapan pagi atau makan siang. Soto Ahri sendiri masuk dalam genre Soto Daging Bersantan. Biasanya saat kita memesan, kita menentukan bagian daging apa yang kita kehendaki misalnya daging atau camur jerohan. Kemudian daging yang dipilih akan dipotong dengan cara dicacah sampai potongan-potongan kecil. Lalu disiram dengan kuah santannya dan disajikan dengan nasi putih.
Daging yang dicacah halus terasa sungguh gurih dilidah, kuahnya juga pas tidak terlalu berat namun cukup terasa belaian gurih santan di lidah. Taburan irisan kucai dan kacang kedele goreng menambah aroma serta tekstur soto ini, tentu kondimen wajib kucuran jeruk, kecrutan kecap dan beberapa sendok sambal menambah kecantikan soto van Garut ini. Cacahan dagingnya mengingatkan saya akan gagrak Soto Bandung yang selalu menggunakam daging berukuran kecil, namun kuah santannya yang light malah mengingatkan saya akan Empal Gentong Cirebon. Terlepas dari adanya pengaruh-pengaruh dari kuliner kota lain, Soto Ahri sendiri boleh dibilang sukses membuat gagrak Soto Garut atau Soto ala Priangan Timur, pokona mah wajib dicoba kalau ada bertandang ke Garut. Untuk yang cabang Cimanuk jangan lupa cobain Kolak Campur Panjiwulung ala Priangan di toko sebelah.

MIE BASO PARAHYANGAN
Jl. Ciledug 35, Mie Baso, Nasi Tim, Jus Alpokat

 Mie Baso ini konon paling ngetop di Garut, saat kesana kita pesan Yamien Manis, Mie Baso Kumplit dan Baso Pangsit Kuah, pengennya sih Nasi Tim tapi ternyata masih masih lama matengnya, ya udah deh yang ada aja. Sambil nunggu pandangan saya menyelidiki isi rumah makan yang tidak terlalu besar ini, lumayan penuh, dan di tempat assembly mienya juga rame banget, produksi berjalan dengan gigi penuh, tidak henti-hentinya mie dibuat, setelah dilirik-lirik lagi ternyata meja lain juga banyak yg belum dateng pesanannya, yahhh alamat lama nih.
Setelah lumayan lama nunggu, akhirnya pesenan dateng, secara tampang sih lebih cakep dari Mie Baso ala Tasik, lebih mirip ke Mie akung Bandung, porsinya juga beda tipis lah ama Mie Akung, jumbo banget. Untuk rasa, ternyata sama juga ama Mie akung, sama-sama enak, saya yang biasanya tidak terlalu doyan Yamien Manis, cukup suka sama Yamien Manis pesenannya Erna. Sementara Mie Baso pesana saya, wah warming dan comforting banget, pangsit dan basonya juga keren kualitasnya

MIE BASO MULANG SARI
Jl. Siliwangi No. 6, Dekat Ramayana Dept. Store, Buka: Pagi-Malam

Menu: Mie Baso/Yamin Asin/Yamin Manis/Baso Kuah @ 8,000, Yamin + Kuah 8,500, Mie Baso/Yamin/Baso Kuah  Spesial @ 10,000, Aneka Juice
Selain Mie Baso Parahyangan yang tarikannya lebih oriental ada Mie Baso lain yang juga mendapat tempat di hati kita berdua, namanya Mie Baso Mulang Sari, yang ini tarikannya lebih pasundan. Di Mie Baso Mulang Sari, selain Mie Baso ada juga Yamin, dan Baso Kuahnya, bisa pesan yang biasa isi hanya baso atau yang spesial, ditambah baso tahu dan pangsit rebus.
Saya tentunya pesan yang spesial, Mie Baso Spesial tepatnya. Mienya cukup lembut, tidak kalah dengan Mienya Baso Parahyangan, porsinya pun cukup generous. Sedangkan pendampingnya, berupa baso, tahu baso dan pangsit kuah juga punya kualitas yang baik dengan rasa yang tasty, taburan bawang goreng dan sledri bikin aromanya makin OK. Dengan rasa yang boleh dibilang sama dengan Mie Baso Parahyangan dan harga yang lebih terjangkau, saya merekomendasikan tempat ini. Cabang lainnya ada di Jalan Ciledug No. 55 dan Jalan Jend. A Yani 49, keduanya masih di Kota Garut.

ES GOYOBOD
Deket Masjid Besar Garut

Lokasinya deket SMP Negeri dekat Masjid Agung Garut. Es Goyobod adalah es khas pasundan dengan keunikan pemakaian sagu merah, isi lainnya tetep sama seperti dulu, alpuket , potongan roti dengan santan dan sirup, cukup menyegarkan di siang bolong yang terik, harganya cuman 2 ribu saja, segar dan sedikit mengenyangkan dari santannya.

 
PONDOK SATE SIMLIM
Simpang Lima Tarogong Kidul, T: (0265) 40394, Buka: Siang – Malam
Menu: Sate Kambing/Ayam, Sop Buntut/Kambing, Tumis Kangkung,
Kalau menilik sekilas namanya , bisa dikira Simlim adalah nama Oriental, tidak sedikit teman saya yang mengira wah jangan-jangan cabang dari Sim Lim Mall Singapura, ternyata Sim Lim di Garut adalah singkatan dari Simpang Lima, sebuah bundaran di daerah Cimanuk, tengah kota Garut, yang salah satu sisinya terdapat Sate Hotplate yang terkenal ini, jadilah dipilih nama Sate Sim Lim untuk mudahnya.
Pak Asep sudah berjualan Sate Sim Lim ini cukup lama, cukup banyak menu yang ditawarkan di lokasi ini, ada Sate Ayam, Sapi, Kambing, Tongseng, Gule serta Sop. Seluruh varian sate ditawarkan dengan cara penyajian hotplate untuk memastikannya tetap hangat. Seperti gagrak sate priangan pada umumnya, seluruh Sate di Sim Lim disajikan dengan Bumbu kacang yang masih agak kasar, tidak lupa sambel dan acar menjadi kondimen wajib di tempat ini, favorit saya adalah sate sapi dan kambingnya, empukkkk banget deh.
Sajian lainnya seperti sop, gule, dan tongseng yang semuanya serba kambing juga layak diicipi, sedang ingin sayur, bisa pesan tumis kangkung yang walau tak lazim untuk disajikan di warung satu, lumayan juga disandingkan dengan aneka sate racikan Pak Asep

Kalau di Garut berhari bisa juga dicoba, RM Cibiuk Garut, dan Pujasega (pusat jajan segala aya-sekalian beli oleh2), keduanya di Jl Raya sebelum masuk kota/sebelum bundaran Narogong

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2011 in KULINER

 

One response to “KULINER di GARUT

  1. salwanaz

    April 22, 2011 at 5:36 pm

    emmm yummmy,

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: